Dukungan Ubuntu Non-LTS Dipersingkat

ubuntu_pangkas_dukungan_640Dewan Bidang Teknis Ubuntu telah mengambil keputusan untuk mempersingkat dukungan untuk edisi non-LTS dan memaruhnya dari sebelumnya 18 bulan menjadi hanya 9 bulan saja. Pada saat yang sama pengguna akan diberikan kesempatan untuk mengikuti perkembangan Ubuntu terkini, tanpa harus secara eksplisit memperbarui sistem yang sedang digunakannya.

Peluang tersebut dapat dilakukan tanpa harus beralih ke rilis bergulir atau rilis rawat jalan, seperti acap dibahas dengan penuh silang pendapat dalam beberapa minggu terakhir. Dasar dari kesepakan baru diawali dari usulan yang dilontarkan Mark Shuttleworth berkaitan dengan masalah pengelolaan untuk rilis revisi.

Dengan kesepakan baru tersebut, maka rilis LTS (Long Term Support) pada dua tahun pertama dari lima tahun periode dukungan yang dijanjikan untuk LTS – atau sama dengan tenggang waktu rilis LTS sampai dengan rilis versi LTS berikutnya –  direncanakan tidak hanya menawarkan perbaikan atas kekliruan (bug) belaka, melainkan juga peningkatan atau update pada komponen platform penting yang datang berikut versi kernel lebih baru. Pada peningkatan (Update) yang melibatkan perubahan pada API, akan diberlakukan sebagai sebuah opsi.

Bersama dengan dukungan yang singkat untuk rilis non-LTS, Shuttleworth ingin mengakomodasi kenyataan bahwa pengguna sebenarnya bisa segera melakukan upgrade, setelah sebuah rilis baru tersedia. Kecuali itu, para pecinta Ubuntu sebenarnya menginginkan semacam Rilis Aktual, yang terlepas dari semua rilis resmi (baik LTS maupun non-LTS), yang senantiasa mencerminkan pengembangan Ubuntu terkini.