Pengaturan Lampu Lalu Lintas Gunakan Mikrokontroler ATMega

Perancangan untuk mensimulasikan lampu lalu lintas (traffic light) ini dibangun secara miniatur menggunakan pemrograman Bahasa C, dan memnfaatkan Aplikasi Code Vision. Dari hasil pembahasan dan pengujian ”Simulasi traffic light berbasis mikrokontroler atmega32A [DataSheet PDF 5.83MB 346 Hal] ”.

Sistem Pengatur Lampu Lalu LintasProgram yang dirancang diuji simulasi terlebih dahulu, sebelum dimasukkan ke mikrokontroler, untuk mengetahui apakah telah sesuai dengan apa yang diperlukan. Berdasarkan uji coba yang dipastikan bahwa, alat ini bekerja sesuai dengan instruksi atau program yang telah di dibuat.

Alur kerja alat ini sesuai dengan prinsip pengaturan lalu lintas, yaitu dimulai dari group satu, dimana lampu penyeberangan akan hijau dan lampu di grup dua, grup tiga, grup empat merah dan sebaliknya di mana di grup satu merah maka salah satu dari grup lainnya menjadi hijau.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin bertambah maju, terutama dalam pemanfaatan peralatan elektronik. Hampir di semua bidang, kini telah menggunakan peralatan serba otomatis, termasuk penggunaan perangkat smart relay/PLC. Smart relay yaitu alat yang dapat di program oleh suatu bahasa tertentu yang digunakan pada proses otomatisasi. Alat seperti ini tersedia dalam dua tipe yakni tipe compact dan modular. Smart relay ini memiliki fungsi pengendalian berbasis mikrokontroler, di program memanfaatkan memori yang menyimpan instruksi dengan alur aturan tertentu dan digunakan untuk mengimplementasikan fungsi khusus, seperti fungsi logika, pengaturan waktu interval, dan pencacahan. [Author: Yakhdi Perari Pinem]

Baca selengkapnya “Traffic Light Berbasis Mikrocontroller ATMEGA 32A” di Ilmu Komputer yang disertai sumber terkait

Posted in: Embedded, Industrial Embedded