Setup Desktop Lengkap: Linux Mint 13 (Maya) – Gnome Cinnamon dan Mate

mint13mate_600x600Tutorial ini menunjukkan cara membangun sebuah desktop Linux Mint 13 (Maya) standar dengan ( GNOME) Cinnamon atau MATE yang lengkap agar dapat digunakan untuk menggantikan Windows. Desktop yang dibangun telah akan terpasang semua software padanan yang umum digunakan oleh pengguna desktop Windows. Kelebihan dan keuntungan yang diperoleh dari desktop Open Source ini jelas yaitu: Anda mendapatkan desktop yang bebas biaya lisensi dan aman tanpa adanya restriksi DRM dan juga bisa jalan kencang di hardware usang dari jaman baheula. Khusus versi Linux Mint 13 (Maya) LTS disediakan dukungan selama 5 tahun (s/d April 2017).

Baca tutorial selengkapnya disini:
http://www.howtoforge.com/the-perfect-desktop-linux-mint-13-maya

Mint 13 Cinnamon

Mint 13 Cinnamon

Cinnamon adalah Fork dari GNOME Shell yang awalnya dikembangkan oleh tim pengembang Linux Mint dalam upaya untuk menyediakan lingkungan kerja yang lebih tradisional berbasis desktop metaphor seperti pada GNOME 2. Cinnamon memanfaatkan Muffin, yaitu sebuah Fork dari window manager Mutter untuk GNOME 3 yang diimplementasikan mulai versi Cinnamon 1.2 dan sesudahnya.

MATE adalah lingkungan desktop yang diturunkan (forked) dari /dan menggunakan code base dari GNOME 2. Namanya diambil dari kata yerba mate, sebuah nama species yang yang tumbuh di Amerika Selatan digunakan sebagai bahan untuk minuman bernama mate. MATE pada prinsipnya meneruskan pengembangan Gnome 2 dan penggantian nama diperlukan agar tidak konflik dengan komponen Gnome 3.

Panduan Desktop Lengkap: Linux Mint 13 (Maya) – KDE, XFCE dan Unity

Posted in: Desktop