Linux Mint 16: Petra Hadir Berbusana Cinamon 2.0

Tim pengembangan yang dipimpin oleh Clement Lefebvre tampilkan “Petra” bersama Linux Mint 16. Distro yang dikembangakan selama sekitar enam bulan ini merupakan turunan dari distribusi Linux Ubuntu 13.10 dengan basis kernel Linux 3.11 dan tersedia dalam dua edisi desktop (Cinnamon dan Mate) dan dua arsitektur 32 dan 64 bit. Sementara edisi dengan desktop Cinnamon menyertakan versi Cinnamon 2.0, edisi Mate datang sebagai penerus Gnome 2 yang diklaim lebih ringan.

Linux Mint 16 Petra Banner

.
Cinnamon 2.0 yang diturunkan dari Gnome 3 sekarang telah sepenuhnya independen membawa peningkatan pada fitur Edge, Tilling dan Snapping, yang memungkinkan jendela ditata secara paralel di desktop. Cinnamon 2.0 juga membuat Linux Mint 16 bersuara, dan dapat dikonfigurasi agar berbunyi saat penutupan jendela, atau ketika mengganti ruang kerja. Suara dapat disesuaikan secara individual dan secara global untuk setiap pengguna.

Manajemen Pengguna di Linux Mint 16 juga telah mendapatkan perbaikan. Sebuah Ikon pada panel Cinnamon menyediakan akses langsung ke fungsi seperti mengkonfigurasi pemberitahuan dan rincian akun. Untuk SysAdmin di sediakan oleh Linux Mint 16 sebuah alat baru untuk mengkonfigurasi pengguna dan kelompok.

Nemo, sebuah manajer file di Cinnamons juga telah disempurnakan oleh tim pengembangannya. Untuk memformat USB drive, Linux Mint 16 kini memberdayakan alat baru yang dapat dipakai untuk mem-format tipe file NTFS, FAT32 dan ext4. Berkat integrasi di Nemo, fungsi ini juga dapat digunakan secara langsung dari file manager.

Peningkatan lainnya adalah dukungan untuk EFI. Namun, fitur Secure Boot kali ini maish belum didukung oleh Linux Mint. Rincian tentang fitur baru selebihnya, dapat disimak di daftar catatan rilis dari Linux Mint 16 “Petra”.

Album Cuplikan Layar Cinnamon 2.0