Linux Mint 17 “Qiana” Fokus Pada Edisi LTS

Mengutip pernyataan pengembang Linux Mint, distribusi berlandasan Ubuntu ini di masa depan akan fokus mendukung edisi jangka panjang (Long Term Support) yang didasarkan pada versi Ubuntu LTS. Penerbitan versi sela dengan jadwal sekali dalam enam ditiadakan, dengan alasan untuk membebaskan kapasitas dan memfasilitasi pengembangan selanjutnya.

linuxmint-17_640

.
Secara praktis pengembangnya menghendaki agar penerbitan “all new” Linux Mint berdasarkan versi LTS yang nantinya dirilis sekali dalam dua tahun. Perubahan ini adalah untuk mempercepat pengembangan Linux Mint dan menyederhanakan pekerjaan tim dan bisa memiliki ruang untuk pengembangan perangkat lunak khusus meningkatkan nilai tambah dari distribusi. Aturan baru ini mulai diterapkan langsung bersamaan dengan rilis Linux Mint 17 “Qiana” yang dibangun diatas Ubuntu LTS 14.04. Menurut penciptanya, Linux Mint 17 “Qiana” akan tersedia akhir Mei 2017 dalam empat rasa, seperti halnya pada edisi sebelumnya yaitu: Cinnamon, MATE, KDE, dan Xfce.

Fitur yang dikemas Linux Mint 17 yang ditemukan pada versi kandidat rilis, antara lain adalah:

  • Linux kernel 3.13
  • X.org server 1.15.1
  • Cinnamon desktop 2.2.1
  • MATE desktop 1.8.0
  • LibreOffice 4.2.3.3
  • Firefox 29.0
  • Thunderbird 24.5.0
  • GIMP 2.8.10
  • Banshee 2.6.2
  • VLC Media Player 2.1.2

Penerbitan versi perbaikan dan peningkatan diselaraskan dengan versi Ubuntu LTS dengan rilis peningkatan secara berkala yang ditandai dengan penambahan urutan nomor rilis seperti dalam kasus Qiana merupakan rilis 17.1 , 17.2 dan seterusnya sampai menjelang penerbitan Linux Mint 18 pada tahun 2016 nanti.

Semua fitur baru dan dukungan terhadap hardware baru, sebagaimana lazimnya dilakukan di Ubuntu LTS, juga dimasukkan dalam setiap versi peningkatan Linux Mint. Edisi rawat jalan Linux Mint (LMDE) yang menggunakan Debian sebagai landasan adalah senantiasa up-to-date tidak terpengaruh, selama ia tersambung ke Internet dan di-aktualisasi.

LTS untuk Debian 6 “Squeeze

Proyek Debian juga mengumumkan bulan lalu, bahwa dukungan keamanan reguler untuk Debian GNU/Linux 6.0 (nama kode Squeeze) yang menurut jadwal dihentikan pada 31 Mei, kini mendapatkan dukungan jangka panjang (LTS) dengan memperpanjang dukungannya sampai Februari 2016 (hanya untuk arsitektur intel 32 dan 64 bit), yaitu selama total lima tahun setelah rilis awal. Upaya ini didorong oleh berbagai pihak, termasuk perusahaan yang membutuhkan dukungan berkelanjutan.