Rilis Perdana OpenMandriva 2013.0 Lx

OpenMandriva 2013.0 Lx adalah versi pertama yang menggantikan Mandriva Linux sebagai penerus. Distribusi yang baru dirilis ini tampil mengemas perangkat lunak versi baru, dan ingin dibedakan dengan Distro lainnya dengan memamerkan kecepatan tinggi dan penampilan yang lebih segar.

OpenMandriva 2013.0 Lx

.
Pecinta desktop Mandriva Linux kini telah teruji kesabarannya yang sanggup bertahan, menanti terbitnya edisi perdana ini. Perusahan penyokong dibalik Mandriva telah memutuskan pada pertengahan tahun 2012 menghentikan pengembangan Mandriva dan menyerah terimakan pengembangan desktop Mandriva kepada komunitas dengan membentuk formasi baru berupa OpenMandriva.

Jauh sebelumnya, perusahan Mandriva yang tak hentinya dirundung petaka keuangan, telah merumahkan sebagian besar karyawannya. Sebagian besar mantan pengembang Mandriva secara swakelola meneruskan pengembangan Mandriva secara terpisah sebagai cabang pengembangan (Fork) dengan formasi sebagai Distro Mageia.

Di sisi lain ROSA, sebuah perusahan Rusia yang sebelumnya merupakan salah satu investor di Mandriva, mengembangkan produk skala perusahan yang lengkap termasuk Desktop dan Server.

Komunitas Mandriva yang tertinggal, kemudian dengan dukungan dari Mandriva, membidani Yayasan OpenMandriva untuk menghasilkan penerus resmi penyandan warisan Mandriva Linux. Bersama model bisnis baru yang digeluti, diharapkan Open Mandiva akan berperilaku mirip Fedora, sementara Mandriva dengan menjalankan bisnis Server skala perusahan, dan dalam skenario ini memposisikan produknya seperti Red Hat Enterprise Linux .

OpenMandriva 2013.0 Lx mengemas kernel Linux 3.11.6, yang telah mendapatkan berbagai patch eksternal (seperti BFS, BFQ dan UKSM) diharapkan ngacir lebih cepat ketimbang kernel standar aslinya. Perpustakaan dan driver yang mantap dan telah ditingkatkan ke status paling aktual.

Sebagai desktop utama dipasang KDE 4.11.2. Cara menyambut yang sederhana “Simple Welcome” disepakati pengembangnya menjadi penyambut awal secara default, yang dipilih berdasar hasil jajak pendapat pada sejumlah pengguna. Walaupun demikian, tiga macam penyambut lainnya yaitu Kickoff, Lancelot dan Homerun juga disertakan sebagai pilihan yang dapat dipasang oleh pengguna kemudian.

Komponen penting lainnya dari distribusi ini adalah Firefox 25, LibreOffice 4.1.3 dan OpenMandriva Management Control Center. Pusat kendali manajemen Mandriva ini diklaim sebagai program yang paling intuitif untuk mengelola sistem. Sistem ini juga yang bertanggung jawab untuk mengelola paket software, melakukan konfigurasi kartu grafis dan administrasi pengguna.

OpenMandriva dilengkapi dengan sejumlah peralatan berasal dari pengembangan distribusi ROSA, seperti Media Player ROMP. Distribusi ini media DVD yang mendukung arsitektur, baik untuk 32-bit (i586) dan 64-bit x86_64/amd64 dan dapat dijalankan dalam modus Live untuk mencoba sebelum di instal.

Simak album tangkapan layar OpenMandriva 2013.0 Lx disini.