Ubuntu 13.04 Lebih Cepat Lebih Baik

Komunitas pengembangan Ubuntu sesuai jadwal telah merilis distribusi Linux Ubuntu 13.04 yang diberi nama “Raring Ringtail” dan diiringi dengan banyak pembaruan dan perbaikan.
ubuntu1304raring_banner_640
Pada versi Ubuntu 13.04 kali ini, telah dilakukan peningkatan pada desktop Unity ke versi 7 yang diklaim bekerja lebih cepat, disamping melakukan penyempurnaan dalam tampilannya. Hal yang sama juga dilakukan pada sistem untuk Mobile, yang merupakan target pengembangan utama di masa mendatang.

Sebagaimana telah disepakati sebelumnya, rilis ini merupakan rilis pertama sebagai sebuah rilis kecil dengan dukungan hanya selama 9 bulan (18 bulan pada rilis standar sebelumnya) yang disisipkan diantara dua rilis LTS yang senatiasa mendapatkan dukungan selama 5 tahun. Dengan demikian, pengguna Ubuntu 13.04 Raring Ringtail, sebaiknya telah melakukan peningkatan pada rilis 13.10 “Soucy Salamander” ke versi lebih baru agar seterusnya mendapatkan perbaikan keamanan secara berkesinambungan. Sementara itu, pada pengguna versi non-LTS sebelumnya yaitu Ubuntu 12.10 QQ akan mendapatkan dukungan sampai dengan terbitnya versi LTS berikutnya pada bulan April 2014 (v14.04 TT). Sedangkan versi LTS 12.04 yang saat ini aktual akan disokong sampai dengan tahun 2017.

Diantara sejumlah pembaruan yang diperoleh Raring Ringtail, adalah penyertaan aplikasi LibreOffice 4.0 sebagai pengganti layanan Gwibber untuk jejaring sosial berupa aplikasi “Friends”. Kernel dan progam dasar lainnya yang dikemas, termasuk kernel versi Linux 3.8.8, Upstart 1.8 dan Python 3.3. Harapan para pengembang agar software yang ada di CD desktop seluruhnya bisa dialihkan ke Python 3 sementara ini belum dapat dipenuhi, sehingga masih diperlukan penyertaan Python 2 bersama Raring Ringtail.

Fitur Init-System Upstart kini mampu mengelola sesi pengguna dibawah X11. Fitur ini masih berstatus tinjauan teknologi, sehingga perlu diaktifkan bila fitur tersebut diperlukan. Semua varian dari Ubuntu kini mendukung UEFI Secure Boot. OpenJDK juga telah ditingkatkan ke versi 7u15.

Raring Ringtail (RR) datang bersama jajaran edisi resmi berupa: Ubuntu Desktop, Ubuntu Server, Ubuntu Cloud Server, Ubuntu Netboot, Ubuntu Core, Ubuntu Studio, Edubuntu, Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu, disamping dua pendatang baru edisi yaitu Ubuntu-GNOME dan Ubuntu Kylin.

ubuntu_1304_appearance_640ubuntu_1304_files_640ubuntu_1304_firefox_640ubuntu_1304_impress_640ubuntu_1304_setting_640ubuntu_1304_softcenter_640

Ubuntu Server 13.04 memperbarui OpenStack ke edisi “Grizzly” yang menjajikan High Availability. Berkat kerjasama dengan VMware dimungkinkan untuk menghubungkan awan-awan dari OpenStack-Clouds dengan teknologi dari VMware, seperti VMware vSphere dan Nicira NVP. Perbaikan juga dilakukan pada Juju, yang kini mampu mengelola Web-Frameworks Node.js, Django dan Ruby on Rails, seperti juga basis-basis data MongoDB, MySQL, PostgreSQL dan Cassandra, disamping sistem berkas SWIFT dan Ceph.

Kubuntu 13.04 menjagokan KDE SC 4.10.1 sebagai lingkungan desktop, menyertakan pengelola paket Muon versi 2, Webbrowser Rekonq 2.2.1, Homerun sebagai alternatif penuh untuk menu program Kickoff dan fon tulisan Oxygen Sans.

Program yang digunakan untuk instalasi juga telah dipercantik dengan disain baru yang tampil lebih profesional. Dibantu oleh pustaka Vc, aplikasi gambar (grafis) sumber terbuka Krita, sekarang bisa jalan dua kali lebih cepat dari pada sebelumnya. Akses untuk pemutar lagu Music-player dan untuk Smartphones telah dilengkapi dengan dukungan untuk protokoll MTP, sementara Audioplayer Tomahawk tidak dipasang pada instalasi standar dan disimpan di lumbung repositori.

Xubuntu 13.04 melakukan pemingkatan dengan menyertakan versi 0.6.1 dari Catfish, Parole 0.5.0, sejumlah perbaikan pada Greybird-Theme. Kecuali itu tidak banyak perubahan pada varian Ubuntu yang mengunakan Xfce sebagai desktop. Ukuran media kini telah membengkak melampau batas ukuran media CD.

Edubuntu 13.04 memanfaatkan Raring Ringtail hanya untuk memperbarui sejumlah sofware dengan peningkatan ke versi terkini, sementara menyarankan penggunanya, bila dimungkinkan untuk bertahan pada versi 12.04 LTS Precise yang masih lama mendapatkan dukungan.

Lubuntu 13.04 menyediakan pengelolan berkas baru pcmanfm sekaligus melengserkan program pencari catfish, disamping melakukan perbaikan pada penampilannya.

Ubuntu Studio 13.04 menggunakan lingkungan desktop Xfce 4.10 dengan memperbarui Theme dan Menu. Peningkatan dilakukan pada Audio-Server Pulseaudio dan Jack. Paket meta diorganisir ulang dan memperbarui software audio seperti Supercollider, Faust dan lmms, sementara untuk software video baru adalah kdenlive dan recordmydesktop termasuk software grafis baru seperti Krita dan create-resources.

ubuntu_1304_gnome_desktop_640ubuntu_1304_gnome_firefox_640ubuntu_1304_gnome_rhythmbox_640ubuntu_1304_gnome_shotwell_640ubuntu_1304_gnome_social_640ubuntu_1304_gnome_softcenter_640

Sebagai pendatang baru yang resmi, varian Ubuntu Gnome 13.04 mengemas lingkungan desktop versi Gnome 3.6, sementara versi aktual Gnome 3.8 dapat dipasang oleh pengguna tersedia di lumbung repositori. Dibandingkan Ubuntu Gnome Remix 12.10 sebelumnya, terdapat perubahan seperti mengganti webbrowser dengan Firefox (sebelumnya Epiphany), memasang Ubuntu Software Center dan Update Manager (sebelumnya gnome-PackageKit) dan software perkatoran LibreOffice (sebelumnya Abiword dan Gnumeric).

Varian lain yang baru adalah UbuntuKylin 13.04, yang khusus dibuat untuk di China yang dikembangkan bekerjasama dengan institusi China Software and Integrated Chip Promotions Centre (CSIP), Canonical danr National University of Defense Technology (NUDT).