Ubuntu 13.10: Saucy Salamander Datang Membawa Perubahan

Sistem operasi Linux Ubuntu Linux dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi salah satu distribusi yang paling populer. Sesuai jadwal Canonical telah meluncurkan versi 13.10 dengan nama Saucy Salamander. Rilis kali ini menyertakan cukup banyak peningkatan di semua jajaran, termasuk desktop baru, Server dan fitur cloud. Walaupun demikian, tampilan visual desktop Saucy Salamander tidak menunjukkan perbedaan yang dramatis, apabila dibandingkan dengan pendahulunya, versi Ubuntu 13.04 yang akrab dikenal sebagai Raring Ringtail.

Fitur yang paling mencolok adalah Unity Smart Scopes yang pada 13.10 telah disempurnakan dan memberikan kemampuan untuk melakukan pencarian terpadu, menelusuri seluruh drive, baik lokal dan jaringan, juga dilakukan pencarian secara daring (online), termasuk yang didefinisikan oleh pengguna lainnya. Bila Anda tidak melakukan pemilahan, Semantic Web Search akan menelusuri semua lokasi pencarian termasuk: Applications, Calculator, Chromium bookmarks, Commands, Dev Help, Facebook, Files dan folders, Google Drive, Manpages, Picasa, Videos, Amazon, VirtualBox, Wikipedia, Yelp dan lainnya.

Ubuntu juga telah menggabungkan fitur keamanan dengan pengaturan privasi ke dalam satu sistem. Dengan demikian Saucy Salamander lebih mudah melakukan kontrol dalam pengelolaan sistem keamanan. Versi Unity 7 dan kernel Linux 3.11 yang digunakan pada rilis kali ini, diharapkan akan memberikan peningkatan kinerja dan stabilitas lebih baik. Antarmuka Unity juga diklaim lebih cepat, berkat fine-tuning yang telah dilakukan pengembangnya pada Compiz.

Bagi pengguna cloud, Ubuntu 13.10 telah menyediakan OpenStack versi Havana terbaru, disamping perbaikan pada sistem pelayanan Juju (service orchestration system).

Software default terpenting yang dipasang di 13.10 termasuk versi terkini Firefox sebagai browser, LibreOffice 4.1 sebagai aplikasi perkantoran, Rhythmbox sebagai pemutar musik dan Thunderbird sebagai klien untuk Email.

Galeri Tangkapan Layar: Ubuntu 13.10 dan Ubuntu Gnome 13.10