Ubuntu 14.04 LTS: Menyambut Kehadiran Trusty Tahr

Trusty Tahr, nama versi 14.04 LTS dari sistem operasi Linux Ubuntu yang mendapatkan kepercayaan pengguna sepenuhnya, hadir pada pertengahan bulan ini, merupakan edisi khusus yang menjanjikan dukungan jangka panjang (Long Term Support) selama lima tahun.

Ubuntu 14.04 LTS Menyambut Kehadiran Trusty Tahr
.
Kehadiran edisi jangka panjang diperlukan terutama bagi pengguna korporat yang lebih konservatif, lebih menekankan sisi stabilitas dan keamanan dibandingkan semarak fitur-fitur baru. Fitur-fitur baru yang sedang dikembangkan seperti antar muka Unity 8 maupun stak grafis Mir tidak akan ditemukan bersama edisi LTS ini.

Pengguna edisi LTS versi 12.04 (Precise Pangolin) tidak perlu melakukan peningkatan apabila tidak memerlukan fitur peningkatan yang dibawa oleh Trusty Tahr, karena 12.04 masih sepenuhnya mendapatkan dukungan perbaikan selama 3 tahun kedepan (sampai April 2017), bahkan melampau jadwal rilis LTS berikutnya versi 16.04 LTS.

Sebaliknya, rilis LTS ini membawa peningkatan yang dicicil secara inkremental, termasuk perbaikan dan tambahan untuk Unity, seperti mengembalian beberapa fitur lama yang sebalumnya hilang atau saran komunitas yang oleh Canonical sempat ditolak. Apapun alasannya, banyak pengguna akan menyambut kedatangan Trusty Tahr yang kali ini menambahkan menu di bar bagian atas jendela dan fitur untuk meminimalkan aplikasi ketika di klik pada Unity Launcher. Sementara implementasi menu-in-the-title-bar cukup baik dan stabil untuk digunakan, yang secara default pada prinsipnya masih tetap berada di bar bagian atas layar seperti yang telah dikenal dari jaman Ubuntu sebelum era Unity.

Ubuntu 14.04 LTS
.
Disamping edisi utama berupa desktop dengan Unity, Canonical juga merilis edisi server serta edisi mobile dan cloud yang dikembangkan secara serentak. Sementara itu, komunitas pengembang Ubuntu memproduksi serangkaian varian dengan penekanan pada ragam dari target pengguna, termasuk Edubuntu, Kubuntu, Lubuntu, Ubuntu GNOME, UbuntuKylin, Xubuntu dan Ubuntu Studio yang hadir secara bersamaan dan masing-masing menerbitkan informasi lebih lanjut secara parsial.

Landasan dari semua varian 14.04 LTS adalah kernel Linux yang telah diperbarui ke versi 3.13.6, dan berbagai aplikasi yang telah ditingkat ke status terkini. Sistem-init Upstart yang digunakan mengandung sejumlah pembaruan, termasuk inisiasi sesi pengguna dan telah ditingkatkan ke versi 1.12.1. Paket pemrograman Python dipasang versi 3.4. Di lumbung arsip tetap disediakan versi sebelumnya untuk mengantisipasi masih banyaknya paket aplikasi yang memerlukan versi Python 2. Ubuntu Server sekarang mengandung versi Puppet 3, yang membawa beberapa perubahan, namun juga sejumlah perbedaan yang membuat ia tidak kompatibel dengan versi Puppet 2.

Kubuntu 14.04 menjagokan versi KDE SC 4.13 yang saat ini (barangkali sampai awal Juli) masih berstatus beta. Banyak perbaikan diharapkan dalam aplikasi-aplikasi yang disertakan. Untuk kali pertama Kubuntu menginstal Firefox 28 sebagai browser default mengubah tradisi penggunaan Rekonq untuk browser default sampai saat ini. Perangkat lunak Muon Discover ditingkatkan ke versi 2.2 Alpha1, sementara program Driver Manager yang mendukung grafis dalam memilih driver hardware yang diinginkan. Kali ini Kubuntu juga tidak lupa menyertakan sejumlah driver berkepemilikan (proprietary).

Fitur baru lainnya termasuk plug-in untuk dipasang pada aplikasi penyimak gambar Gwenview, modul konfigurasi baru untuk touchpad, KDE Instant Messaging 0.8 beta1, peningkatan pada konfigurasi Pengaturan Lokasi, Pengelola Jaringan Plasma 0.9.3.3, Paket pengembangan KDE Software Kit, perbaikan pada USB Creator, KDE Connect 0,5 yang dapat tersambung dengan ponsel pintar Android, berikut sistem pelaporan kecelakaan (crash) secara otomatis, klien IRC Quassel 0.10 beta1 dan sebuah sistem pemberitahuan yang anyar.

Kubuntu 14.04 menjagokan versi KDE SC 4.13
.
Ubuntu Gnome 14.04 LTS mengemas versi Gnome 3.10 yang memungkinkan opsi untuk sesi Gnome Classic. Sementara itu Xubuntu kali ini mengganti screen saver xscreensaver dengan Light Locker, membawa Whiskermenu, Mugshot untuk konfigurasi desktop, MenuLibre menggantikan Alacarte untuk mengedit menu, disamping mempercantik wallpaper dan penampilan pada desktop.

Lubuntu dalam versi ini memperbarui file manager PCManFM ke versi 1.2.0 dan membawa lxsession-default-apps baru dengan antarmuka anyar dan juga meningkatkan penampilan desktop-nya.

Secara serentak LTS juga menyediakan Ubuntu Kylin, sebuah varian Ubuntu dengan berbagai adaptasi dan penyesuaian khusus untuk China, juga hadir dengan penyesuaian tema Cina, manajemen sistem grafis dan program konfigurasi Youker Assistant, Qimpanel, sebuah panel untuk Fcitx, klien untuk mendukan penyimpanan Kingsoft di awan, dan WPS Office khusus untuk Cina.

Ubuntu Gnome 14.04 LTS.
Seraya menanti kehadiran Media instalasi untuk Trusty Tahr yang rencananya tersedia secara serentak mulai tanggal 17 April 2014, silakan menyimak beberapa tangkapan layar untuk Ubuntu, Kubuntu dan Ubuntu-Gnome disini.