Ubuntu 14.10 Dinamakan “Utopic Unicorn”

Pendiri Ubuntu Mark Shuttleworth telah memilih untuk “Utopic Unicorn” sebagai nama untuk versi Ubuntu berikutnya. Menyusul 14.04-LTS, Ubuntu 14.10 memulai siklus pengembangan dua tahun, yang diduga akan membawa perubahan besar.

ubuntu-14.10-utopic-unicorn_bnr_640

.
Seperti biasanya Mark pertama-tama memuji versi yang baru saja dirilis (14.04 LTS, Trusty Tahr) dengan dukungan selama lima tahun dan akan bersinar sekaligus di beberapa platform, baik di desktop maupun di smartphone dan tablet. Disamping konvergensi platform tersebut, juga diluncurkan Virtualisasi ringan LXC, yang dikembangkan oleh tim Ubuntu.

Versi yang akan datang 14.10 mengawali siklus pengembangan baru, yang ujungnya merupakan rilis versi 16.04 LTS berikutnya pada bulan April 2016. Menurut Shuttleworth, hal ini merupakan kesempatan untuk melepas imajinasi mereka berjalan liar menjadi sebuah kreatifitas baru, menggabungkan banyak fitur-fitur canggih untuk Ubuntu masa mendatang.

Sebagai contoh disebutkan percepatan pengembangan yang memungkinkan secepat mungkin produk dapat dinikmati oleh pengguna, termasuk pengembangan toko aplikasi App-Store. Khususnya adalah peningkatan pada instalasi secara masal, yang nantinya menjadi lebih cepat dan handal. Sementara itu, layanan Platform-as-a-Service, Software-as-a-Service danInternet of Things nantinya akan menjadi semakin penting.

Setelah didiskusikan oleh komunitas Debian panjang dan lebar, disepakati bahwa systemd juga akan menjadi arahan bagi Ubuntu dan menghentikan pengembangan alternatif Upstart. Dukungan untuk Python 2 akan dilanjutkan, sementara kerjasama yang lebih erat akan digalang diantara para pengembang dari hulu. Bersama pengembang yang diberi kebebasan ber-imajinasi liar, Mark Shuttleworth mengajak menyambut hasil imajinasi liar (Utopic Unicorn), yang akan dirilis pada bulan Oktober 2014 nanti.